The most I love

Ada harga yang tak terhingga
Untuk habiskan waktu bersama
Ada rasa yang tak pernah beda
Yakni kehangatan selamanya
Ada nama yang mewakili mereka
Adalah keluarga.

Keluarga. Tempat bersandar untuk melepas segala beban. Tempat terlelap untuk melepas segala penat. Pun tempat terbaik untuk berkehidupan.

Setidaknya untukku, seorang mahasiswi yang sangat family-oriented seperti aku. Aku bukan seorang yang vokal di keluargaku, tapi suaraku juga tidaklah konsonan. Aku tidak biasa menyuarakan kasih sayangku pada mereka. Tapi aku yakin mereka merasakannya. Aku sayang seluruh keluargaku, dan aku yakin kalian pun begitu, kan?

Tapi pernah kah kalian merasa lebih ingin bersama teman dibanding keluarga kalian? Pergi keluar untuk sekedar melihat dan merasakan suasana baru? Jika ya, berarti kita sama. Lalu apa yang kalian rasakan setelahnya? Senang? Bahagia? Atau apa? Ah apapun itu pasti sangat menyenangkan, ya?

Apa kalian pernah dengar tentang kesenangan sesaat? Jujur aku takut perasaan itulah yang sebenarnya kita rasakan ketika kita mengesampingkan keluarga kita. Tidak, aku tidak sedang membangun citra di sini, aku hanya mengira-ngira. Lagipula memang tidak ada salahnya jika kita bahagia dengan teman-teman kita. Yang tidak boleh adalah sampai melupakan keluarga. Kenapa? Karena keluargalah yang akan selalu ada untuk kita, sampai selamanya.

Dalam diam, aku menyayangi mereka.
Dalam doa, aku utamakan mereka.
Dalam hati, aku jaga mereka.
Dalam hidup, aku membutuhkan mereka.
Mereka, adalah keluarga.

Leave a Reply

